Thursday, October 11, 2012

Kacang Almond


 


Almond atau buah badam berasal dari wilayah iklim Mediterania di Timur Tengah, sebelah timur sampai ke Indus. Ini tersebar oleh manusia pada zaman kuno di sepanjang pantai Laut Tengah ke Afrika utara dan Eropa selatan dan lebih baru-baru ini diangkut ke bagian lain di dunia, terutama California, Amerika Serikat dan bagkan di eksport ke Indonesia.
Buah ini tidak beracun, karena mutasi genetik umum dari tanaman ini menyebabkan hilangnya amygdalim glikosida, dan secara tidak sengaja kemudian "mutan" ini tumbuh ditumpukan sampah dan karena kebutuhan tanaman ini lalu secara sengaja dibudidayakan oleh petani.

Tanaman almond atau buah badam ini muncul pada Zaman perunggu Awal (3000-2000 SM) di Near East. Contoh arkeologi terkenal adalah buah almond yang ditemukan dalam makam Tutankhamun di Mesir (c. 1325 SM), mungkin diimpor dari Levant.
Almond, bila sudah diolah menjadi cemilan atau makanan ringan biasa kita sebut dengan kacang almond. Tanaman ini juga biasa di sebut pohon buah badam dimana species asli tanaman ini berasal dari Timur Tengah. Buah Badam atau biji Almond ini dapat kita konsumsi dan tanaman ini juga dapat dibudidayakan. Sebenernya tanaman ini banyak jenisnya.
Buah atau kacang ? Buah Almond sebenarnya bukanlah golongan kacang-kacangan, tetapi buah yang berbiji. Almond atau pohon badam mempunyai daun yang kecil sekitar 3 - 5 inci, tanaman ini dapat tumbuh tinggi sekitar 4 - 10 meter, diameter batang dapat mencapai 30 cm. Tanaman ini bila berbunga berwarna putih atau pink pucat dengan diameter 3 - 5 cm dan biasanya bergerobol 5 kuntum pada tiap batangnya. Pohon ini berbuah setelah usia 5 tahun, buah badam siap dipanen setelah 7 - 8 bulan dari awal berbunga di musim gugur. Pada tahun 1995 produksi global kacang almond sudah sekitar 1 - 1,7 juta ton, tahun 2002 mencapai 1,8 juta ton dan sepanjang tahun terus meninggkat dan tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Minyak Almond

Almond mengandung minyak sekitar 49%, dimana 62% adalah asam oleat tak jenuh tunggal (sebuah omega-9 asam lemak), 24% adalah asam linoleat (a omega-6 polyunsaturated asam lemak esensial), dan 6% adalah asam palmitat (sebuah lemak jenuh asam). Minyak almond manis diperoleh dari kernel kering almond manis.
Minyak ini baik untuk aplikasi pada kulit sebagai emolien, dan telah digunakan secara tradisional oleh terapis pijat untuk melumasi kulit selama sesi pijat. Ini adalah minyak, ringan ringan yang dapat digunakan sebagai pengganti minyak zaitun. Minyak almond juga digunakan sebagai kayu conditioner instrumen musik tiup kayu (tertentu), seperti oboe dan klarinet.

Manfaat Kacang Almond / badam - dengan mengkonsumsi kacang-kacangan ini secara rutin dapat mencegah beberapa penyakit yaitu :

  1. Penyakit Jantung koroner. Kacang Almond memiliki efek menurunkan kadar kolesterol. Penelitian terbaru membuktikan bahwa penambahan kacang almond pada sejumlah makanan yang berbeda ternyata menyumbangkan efek positif terhadap kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan Manfaat Kacang Almond dapat menurunkan respon glikemik terhadap makanan dan mengurangi kerusakan oksidatif dari makanan. Hal ini karena kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal dan bersifat antioksidan. Selain itu, kulit almond juga mengandung sekitar 30 senyawa antioksidan yang berbeda-beda yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan.
  2. Penurun Kolesterol. kandungan Kacang Almond terdapat kalsium yang bisa mengurangi kram dan kejang perut saat menjelang haid. selain itu kalsium memang sangat penting untuk mempertahankan kesehatan tulang dan mencegah osteoporasis. jadi kalsium memang penting banget bagi perempuan. Berbagai studi menunjukkan bahwa walnut secara signifikan menurunkan kolesterol dalam darah. Kacang ini mengandung banyak asam lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acids) yang dapat membuat pembuluh darah tetap sehat dan elastis. Kacang Almond juga memiliki faedah yang tidak terlalu beda, di mana penurunan kolesterol dapat Anda rasakan setelah sekitar empat minggu.
  3. Meningkatkan aliran darah. Banyak penelitian bahwa kacang almond mengandung vitamin E, lemak tak jenuh, magnesium, dan antioksidan yang membantu dalam peningkatan aliran darah. Rutin mengkonsumsi almond juga membantu kesehatan organ hati Anda.
  4. Melangsingkan tubuh. International Journal of Obesity mengungkapkan mengkonsumsi segenggam almond sehari, bersamaan dengan diet sehat, bisa membantu membakar lemak sebanyak 18 persen dibanding mereka yang hanya membatasi menu harian.
  5. Pelembap alami. minyak murni yang dihasilkan almond merupakan pelembap alami yang menjaga kulit dari dari kekeringan. Minyak almond ini secara alami memberikan makanan dan mengembalikan sel kulit yang mati.
  6. Penguat rambut. minyak yang terkandung pada almond juga berperan ampuh dalam mengobati kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
  7. Penyakit jantung. studi yang dilakukan oleh Mayo Clinik, kacang yang biasa dijadikan teman hidangan cokelat ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga 12 persen.
Kandungan
kaya akan magnesium, niacin, thiamin, zinc, zat besi, folic acid, fiber, riboflavin, selenium (yang diperlukan otak), dan potassium. Kandungan kalsium-nya yang tinggi juga sehat untuk Anda.

Sumber : wikipedia.id.org & lainnya

No comments:

Post a Comment