Tuesday, October 9, 2012

Kacang Panjang

 



Kacang panjang (Vigna sinensis) merupakan jenis sayuran yang merambat yang sangat populer dan sudah sejak lama dikembangkan di Indonesia. Tanaman ini sangat cocok ditanam di dataran rendah dengan sinar matahari yang cukup.

Perawatan khusus yang perlu dilakukan adalah merambatkan tanaman pada bambu/lanjaran. Batang tanaman ini tegak, silindris, lunak, berwarna hijau dengan permukaan licin. Kacang panjang merupakan jenis sayuran yang dapat dikonsumsi dalam bentuk segar maupun diolah menjadi sayur, memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap (protein, lemak karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin B dan C).
Dengan membudidayakan dan perawatan yang intensif, tanaman ini dapat mendatangkan keuntungan ekonomis yang cukup tinggi karena harganya di pasar yang cukup stabil. Kacang panjang merupakan tumbuhan yang dijadikan sayur atau lalapan. Ia tumbuh dengan cara memanjat atau melilit. Bagian yang dijadikan sayur atau lalapan adalah buah yang masih muda dan serat-seratnya masih lunak, kacang panjang ini mudah didapati di kawasan panas di Asia.

Sebagai Obat

Selain sebagai masakan, ternyata Kacang Panjang juga dapat digunakan sebagai bahan obat-obatan untuk mengobati beberapa penyakit seperti diantaranya : antikanker, kanker payudara, leukemia, antibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan saluran kencing, peluruh kencing, batu ginjal, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar.
Cara pengolahan kacang panjang untuk mencegah dan mengatasi beberapa penyakit seperti: Pembengkakan: 200 gram kacang panjang + 20 gram bawang putih + gula merah secukupnya dimasak menjadi sup dan dimakan secara teratur.
Peluruh kencing : 150 gram seluruh bagian tumbuhan kacang panjang + 30 gram kulit semangka direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc saring airnya dan diminum.
Sakit pinggang : 200 gram biji kacang panjang + 20 gram jahe merah + 25 gram kencur direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc saring airnya dan diminum.
Meningkatkan stamina, cepat lelah: 100 gr kacang panjang + 5 buah angco dibuang bijinya + 25 gram kencur direbus dengan air 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring lalu tambahkan madu secukupnya, airnya diminum, angco dan kacang panjangnya dimakan.
Batu ginjal: 200 gram kacang panjang + 200 gram asparagus diblender dengan air secukupnya hingga tertampung 200 cc lalu direbus hingga mendidih dan airnya diminum hangat -hangat.
Kurang darah (anemia): 200 gram kacang panjang + 100 gram anggur + hati ayam secukupnya dimasak sesuai selera, dimakan secara teratur.
Menambah nafsu makan: 100 gram kacang panjang + 40 gram temulawak + 3 buah kiam boi/sun boi direbus dengan air secukupnya, saring lalu airnya ditambakan madu secukupnya dan diminum.
Sembelit: 200 gram kacang panjang + 100 gram daun ubi jalar dimasak sesuai selera dimakan secara teratur.
Antikanker: kacang panjang + buncis + brokoli + wortel masing-masing secukupnya dimasak menjadi tumisan dengan ditambah bumbu-bumbu hingga matang, dimakan secara teratur.
 
Catatan: Lakukan 2 kali sehari secara teratur dan tetap konsultasi ke dokter TAHEDE

Nutrisi

Kacang Panjang adalah sumber protein yang baik, vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium, dan mangan.
Nilai gizi kacang panjang (mentah) per 100 g (3.5 oz)
Energi 196 kJ (47 kcal)
Karbohidrat 8 g
Diet serat 3,6 g
Lemak 0 g
Protein 3 g
Persentase yang relatif ke US rekomendasi untuk orang dewasa. Sumber: USDA Nutrient database
Dalam ukuran porsi 100 gram kacang terdapat 47 kalori, 0 gram lemak total, kolesterol 0 mg, natrium 4 mg (0% nilai harian), 8 gram karbohidrat total (2% nilai harian), dan 3 gram protein (nilai harian 5%). Ada juga 17% DV vitamin A, 2% DV besi, 31% DV vitamin C, dan 5% DV kalsium. (Persen nilai harian berdasarkan diet 2000 kalori nilai harian individu bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori masing-masing.)
 Bukti Ilmiah
Hasil penelitian oleh periset di Cancer and Chemoprevention Research Center (CCRC) Fakultas Dr Edy Meiyanto Apt MSi dan Nur Qumara Fitriyah SFam Apt menunjukkan pemberian ekstrak kacang panjang pada kultur sel epitel payudara dalam melipatgandakan jumlah sel.
Hasil serupa ketika uji praklinis pada tikus percobaan. Pemberian ekstrak kacang panjang menyebabkan penambahan jumlah lobula – komponen pada payudara sebagai penghasil susu. Makin banyak sel kelenjar susu kian bagus bentuk payudara.
Penelitian sama juga menunjukkan pemberian secara oral (konsumsi) pada manusia tidak disarankan. Sebab untuk mendapatkan hasil seperti pada riset, seorang perempuan berbobot 50 kg harus mengonsumsi 2,75 kg setiap hari selama 2 pekan. Oleh karenanya perlakuan lebih baik dengan cara dioleskan ke payudara seperti cara yang dilakukan masyarakat Jawa.
.
Cara Penggunaan
Sebelumnya, kompres payudara dengan air hangat. Kemudian, tumbuk kacang panjang sampai halus dan sapukan hingga rata pada payudara. Diamkan selama 1 jam, lalu bersihkan dengan menggunakan handuk yang lembut. Lakukan selama sebulan tanpa putus. Untuk perawatan, lakukan 2 hari sekali.

Sumber : http://healindonesia.com

 Resep sayur kacang panjang

Bahan :
150-200 gr kacang panjang, potong2
100 gr udang kecil, siap pakai
500 ml santan
1 bh tomat, potong 4
1 lbr daun salam
1 cm lengkuas, geprek
minyak, untuk menumis

Bumbu Halus :

5 bawang merah
2 bawang putih
1 bh cabe merah
1/2 sdt terasi
garam
gula pasir

Cara Membuat Kacang Panjang Masak Santan :
1. Tumis bumbu halus bersama daun salam dan lengkuas hingga harum.
2. Tambahkan udang, masak hingga udang berubah warna.
3. Tuang santan, masak hingga mendidih.
4. Tambahkan garam dan gula pasir. 

No comments:

Post a Comment