Saturday, October 27, 2012

Santalum Album

Santalum album atau cendana India adalah pohon tropis kecil, sumber yang paling umum dikenal dari cendana . Spesies ini telah digunakan, dibudidayakan dan diperdagangkan selama bertahun-tahun, beberapa budaya menempatkan signifikansi yang besar pada kualitas yang harum dan obat. Untuk alasan ini telah banyak dieksploitasi, ke titik di mana penduduk liar rentan terhadap kepunahan. Ini masih perintah harga tinggi untuk perusahaan minyak esensial , namun karena kurangnya pohon yang cukup besar itu tidak lagi digunakan untuk fine woodworking seperti sebelumnya. Tanaman ini dibudidayakan secara luas dan lama tinggal, meskipun panen layak setelah 40 tahun.

Deskripsi

Bunga di Hyderabad, India .
Ketinggian pohon cemara adalah antara 4 dan 9 meter. Mereka mungkin hidup sampai seratus tahun. Pohon itu adalah variabel dalam kebiasaan, biasanya tegak untuk luas, dan dapat jalin-menjalin dengan spesies lainnya. Tanaman parasitises akar jenis pohon lainnya, dengan haustorium adaptasi pada akar sendiri, tetapi tanpa merugikan besar untuk host tersebut. Seorang individu akan membentuk non- obligat hubungan dengan sejumlah tanaman lainnya. Sampai 300 spesies (termasuk sendiri) dapat host perkembangan pohon - memasok macronutrients fosfor , nitrogen dan kalium , dan bayangan - terutama selama fase awal pengembangan. Mungkin menyebarkan dirinya melalui kayu suckering selama pengembangan awal, mendirikan berdiri kecil. The kemerahan atau coklat kulit dapat menjadi hampir hitam dan halus di pohon muda, menjadi retak dengan mengungkapkan merah. The heartwood hijau pucat sampai putih sebagai nama umum menunjukkan. Para daun tipis, berlawanan dan ovate untuk berbentuk pisau pembedah dalam bentuk. Permukaan licin mengkilap dan hijau cerah, dengan reverse pucat keabu-abuan. Buah diproduksi setelah tiga tahun, biji layak setelah lima. Biji-bijian ini didistribusikan oleh burung.

Nomenklatur

Spesies adalah yang pertama dikenal sebagai cendana. Spesies lain dalam genus Santalum , seperti Australia S. spicatum , juga disebut sebagai cendana yang benar, untuk membedakan mereka dari pohon dengan penilaian setara berbau kayu atau minyak.

Distribusi

Ini adalah hemiparasitic pohon, asli semi-kering wilayah di India benua. Sekarang ditanam di India , Cina , Sri Lanka , Indonesia , Malaysia , para Filipina dan Northwestern Australia .

Habitat

S. album terjadi dari pesisir hutan kering sampai dengan 700 m elevasi. Biasanya tumbuh di tanah berpasir atau berbatu merah, namun berbagai jenis tanah yang dihuni. Habitat ini memiliki kisaran suhu 0-38 ° C dan curah hujan tahunan antara 500 dan 3000 mm.
 
SantalumAlbumLeaf.jpg

Konservasi

Spesies ini terancam oleh eksploitasi berlebihan dan degradasi habitat melalui penggunaan lahan diubah, api, pertanian dan pembukaan lahan merupakan faktor paling memprihatinkan. Untuk melestarikan rentan sumber daya dari eksploitasi yang berlebihan, undang-undang melindungi spesies, dan budidaya diteliti dan dikembangkan. 
Pemerintah India telah menempatkan larangan ekspor kayu. 

Penggunaan

Anak pohon muda


Album S. telah menjadi sumber utama kayu cendana dan minyak berasal . Ini sering mengadakan tempat penting dalam masyarakat dari berbagai distribusi naturalisasi nya. Nilai tinggi tanaman telah menyebabkan upaya budidaya, ini telah meningkatkan distribusi berbagai tanaman. The ISO Standar untuk karakteristik diterima dari minyak esensial adalah ISO 3518:2002. Periode pematangan panjang dan kesulitan dalam budidaya telah ketat untuk penanaman yang luas dalam jangkauan. Panen pohon melibatkan beberapa tahapan curing dan pengolahan, juga menambah nilai komersial. Ini kayu dan minyak memiliki permintaan tinggi dan item perdagangan penting di daerah: 

  1. India Penggunaan S. Album di India tercatat dalam literatur selama lebih dari dua ribu tahun. Memiliki digunakan sebagai kayu dan minyak dalam praktik keagamaan. Hal ini juga dilengkapi sebagai bahan konstruksi di kuil-kuil dan tempat lain. Pemerintah India telah melarang ekspor spesies untuk mengurangi ancaman oleh lebih-panen. Di negara bagian Karnataka di India selatan, semua pohon yang lebih besar dari lingkar ditetapkan adalah milik negara. Penebangan pohon, bahkan pada milik pribadi, diatur oleh Departemen Kehutanan. Hutan terkenal Bandit Veerappan terlibat dalam ilegal penebangan pohon cendana dari hutan. 
  2. Sri Lanka Pemanenan kayu cendana disukai untuk menjadi pohon yang maju dalam usia. Kayu Saleable bisa, bagaimanapun, menjadi pohon semuda tujuh tahun. Seluruh pabrik dihapus bukannya dipotong ke dasar, seperti dalam coppiced spesies. Penghapusan luas S. album selama abad terakhir menyebabkan meningkatnya kerentanan terhadap kepunahan.
  3.  Australia Pemanfaatan spesies asli Santalum Australia telah meluas, spicatum Santalum secara ekstensif dipanen dan diekspor dari Australia Barat selama penjajahan, ini digunakan sebagai alternatif yang lebih murah untuk spesies ini. Komersial perkebunan cendana India sekarang dalam operasi penuh di Kununurra, Australia Barat. 
Sumber : http://en.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment