Sunday, October 7, 2012

Buah Rambutan

 
Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.
Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia , Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.

Ciri-ciri umum

  1. Pohon hijau abadi, menyukai suhu tropika hangat (suhu rata-rata 25 derajat Celsius), tinggi dapat mencapai 8m namun biasanya tajuknya melebar hingga jari-jari 4m. Daun majemuk menyirip dengan anak daun 5 hingga 9, berbentuk bulat telur, dengan variasi tergantung umur, posisi pada pohon, dan ras lokal.
  2. Pertumbuhan rambutan dipengaruhi oleh ketersediaan air. Setelah masa berbuah selesai, pohon rambutan akan merona (flushing) menghasilkan cabang dan daun baru. Tahap ini sangat jelas teramati dengan warna pohon yang hijau muda karena didominasi oleh daun muda. Pertumbuhan ini akan berhenti ketika ketersediaan air terbatas dan tumbuhan beristirahat tumbuh.
  3. Tumbuhan ini menghasilkan bunga setelah tujuh tahun jika ditanam dari biji, namun pada usia 2 tahun sudah dapat berbunga jika diperbanyak secara vegetatif. Rambutan berumah dua, tetapi bersifat androdioecious, ada tumbuhan penghasil bunga jantan saja dan tumbuhan penghasil bunga banci. Tumbuhan jantan tidak pernah menghasilkan buah. Pembungaan rambutan dipengaruhi oleh musim atau ketersediaan air. Masa kering tiga bulan menghentikan pertumbuhan vegetatif dan merangsang pembentukan bunga. Di daerah Sumatera bagian utara, yang tidak mengenal musim kemarau rambutan dapat menghasilkan buah dua kali dalam setahun. Di tempat lain, bunga muncul biasanya setelah masa kering 3 bulan (di Jawa dan Kalimantan biasanya pada bulan Oktober dan November). Bunga majemuk, tersusun dalam karangan, dengan ukuran satuan bunga berdiameter 5 mm atau bahkan lebih kecil. Bunga jantan tidak menghasilkan putik. Tumbuhan banci yang baru berbunga biasanya menghasilkan bunga jantan, baru kemudian diikuti dengan bunga dengan alat betina (putik). Bunga banci (hermafrodit) memiliki benang sari yang fungsional dan memiliki dua bakal buah, meskipun jika terjadi pembuahan hanya satu yang biasanya berkembang hingga matang, sementara yang lainnya tereduksi. Penyerbukan dilakukan oleh berbagai jenis lebah, namun yang paling sering hadir adalah Trigona, lebah kecil tanpa sengat berukuran sebesar lalat. Di berbagai apiari, bunga rambutan juga menjadi sumber utama nektar bagi lebah peliharaan.
  4. Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memiliki "rambut" di bagian luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum. Endokarp berwarna putih, menutupi "daging". Bagian buah yang dimakan, "daging buah", sebenarnya adalah salut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas ("rambutan ace"/ngelotok). Pohon dengan buah masak sangat menarik perhatian karena biasanya rambutan sangat banyak menghasilkan buah. Jika pertumbuhan musiman, buah masak pada bulan Desember hingga Maret, dikenal sebagai "musim rambutan". Masanya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain, seperti durian dan mangga.

Pembudidayaan 

Rambutan disesuaikan untuk menghangatkan iklim tropis, sekitar 22-30 °, dan sensitif terhadap suhu di bawah 10 ° C. Hal ini ditanam secara komersial dalam waktu 12-15 ° dari khatulistiwa.  Pohon itu tumbuh baik pada ketinggian sampai sampai 500 meter (1.600 kaki) di atas permukaan laut dan melakukan yang terbaik di tanah dalam,. lempung liat berpasir atau lempung kaya bahan organik, dan berkembang di daerah berbukit karena mereka memerlukan drainase yang baik Rambutan diperbanyak dengan mencangkokudara-layering , dan budding , yang terakhir adalah yang paling umum sebagai pohon tumbuh dari biji sering menghasilkan buah asam. Pohon berbunga mungkin buah setelah 2-3 tahun dengan produksi optimum terjadi setelah 8-10 tahun. Pohon tumbuh dari benih beruang setelah 5-6 tahun.

The aril melekat benih di beberapa kultivar komersial, tapi "biji yg terkelopak" kultivar yang tersedia dan dalam permintaan tinggi. Biasanya ada biji coklat tunggal cahaya yang tinggi lemak dan minyak tertentu (terutama asam oleat dan asam arachidic ) berharga untuk industri, dan digunakan dalam memasak dan pembuatan sabun . Akar rambutan, kulit kayu, dan daun memiliki berbagai macam kegunaan dalam pengobatan dan dalam produksi pewarna.
 
Di beberapa daerah pohon rambutan bisa berbuah dua kali setahun, sekali di akhir musim gugur dan awal musim dingin dengan musim pendek di akhir musim semi dan awal musim panas. Di daerah lain seperti Kosta Rika ada musim buah tunggal, dengan dimulainya musim hujan di berbunga April merangsang dan buah biasanya matang pada bulan Agustus dan September. Buah bergizi rapuh harus matang di pohon, maka mereka dipanen selama empat minggu menjadi tujuh. Buah segar mudah memar dan memiliki kehidupan rak terbatas. Sebuah pohon rata-rata dapat menghasilkan 5,000-6,000 atau lebih buah (60-70 kg atau 130-155 lb per pohon). Hasil panen dimulai pada 1,2 ton per hektar (0,5 ton / ha) di kebun muda dan dapat mencapai 20 ton per hektar (8 ton per hektar) pada pohon dewasa. Di Hawaii , 24 dari 38 hektar dibudidayakan (60 dari 95 hektar) dipanen menghasilkan 120 ton buah pada tahun 1997. Ia telah mengemukakan bahwa hasil dapat ditingkatkan melalui manajemen kebun ditingkatkan, termasuk penyerbukan, dan dengan menanam kultivar unggul tinggi kompak.
 
Kebanyakan kultivar komersial hermaprodit , kultivar yang menghasilkan bunga betina hanya fungsional memerlukan kehadiran pohon laki-laki. Pohon Pria jarang ditemukan sebagai seleksi vegetatif telah disukai klon hermaphroditic yang menghasilkan proporsi yang tinggi dari bunga betina fungsional dan sejumlah jauh lebih rendah dari bunga yang menghasilkan serbuk sari . Ada lebih dari 3000 kehijauan-bunga putih di malai laki-laki, masing-masing dengan kepala sari 5-7 dan ovarium non-fungsional. Bunga jantan memiliki nectaries kuning dan benang sari 5-7. Ada sekitar 500 kehijauan-kuning bunga di setiap malai hermaphroditic. Setiap bunga memiliki enam kepala sari, biasanya stigma bi-lobed, dan satu bakal biji di masing-masing dari dua bagian (locules).  Bunganya menerima selama sekitar satu hari tetapi dapat bertahan jika penyerbuk dikecualikan.
Di Thailand , pohon rambutan pertama kali ditanam di Surat Thani pada tahun 1926 oleh Mr Melayu Tionghoa K. Vong di Ban Na San . Sebuah adil rambutan tahunan diadakan selama waktu panen bulan Agustus. 
 
Di Malaysia, rambutan bunga dari bulan Maret sampai Juli dan lagi antara Juni dan November, biasanya dalam menanggapi hujan setelah musim kemarau. Periode berbunga berbeda untuk daerah-daerah lain. Kebanyakan, tetapi tidak semua, bunga buka pagi hari. Hingga 100 bunga di setiap malai perempuan dapat membuka setiap hari selama puncak mekar. Set buah awal mungkin mendekati 25%, tetapi tingkat tinggi tingkat aborsi memberikan kontribusi ke tingkat yang jauh lebih rendah dari produksi pada saat panen (1 sampai 3%). Buah matang 15-18 minggu setelah berbunga.
 
Budidaya Rambutan di Sri Lanka terutama terdiri dari kebun rumah kecil. Malwana , sebuah desa yang terletak di Kelani Sungai Valley, sangat populer untuk kebun rambutan nya. Produksi mereka datang ke pasar pada bulan Mei, Juni dan Juli, ketika itu sangat umum untuk mengamati pedagang musiman di sepanjang jalan-jalan di Kolombo . Sri Lanka juga memiliki beberapa produksi musim rambutan di bulan Januari dan Februari di daerah seperti Bibile , Medagama dan Monaragala .
 
Kedua bunga jantan dan betina yang agak manis wangi dan memiliki nectaries fungsional pada ovarium dasar. Bunga betina menghasilkan 2-3 kali lebih nektar dari bunga jantan. Nectar konsentrasi gula berkisar antara 18-47% dan mirip antara jenis bunga. Rambutan adalah penting sumber nektar untuk lebah di Malaysia.
 
Penyerbukan silang adalah suatu keharusan karena antera tidak ada dalam bunga betina yang paling fungsional. Meskipun apomixis mungkin terjadi pada beberapa kultivar, penelitian telah menunjukkan bahwa rambutan, seperti leci, tergantung pada serangga untuk penyerbukan. Di Malaysia, di mana hanya sekitar satu persen dari bunga betina diatur buah, penelitian mengungkapkan bahwa buah tidak diatur pada bunga dibungkus sementara penyerbukan tangan menghasilkan 13 buah set persen. Studi-studi lebih lanjut menunjukkan bahwa penyerbuk dapat mempertahankan kesetiaan bunga baik laki-laki atau hermafrodit (pohon), sehingga membatasi penyerbukan dan set buah dalam kondisi alam di mana penyeberangan antara bunga jantan dan betina diperlukan.

Sumber : wikipedia.id.org

1 comment:

  1. Buah rambutan ngelotok kering dapat membuat perut mules, akhirnya mencret

    ReplyDelete